Ala Santri

Apa Itu Pondok Pesantren?

Pondok Pesantren biasa disingkat dengan Ponpes, Pontren atau PP merupakan sebuah tempat belajar. Di sanalah para santri ditempa dan dididik oleh para asatidz dan para kiai dalam memahamkan pelbagai ilmu pengetahuan, terutama ilmu agama Islam. Segudang keilmuan ditawarkan di Ponpes, mulai dari cara membaca kitab atau biasa disebut ilmu alat (nahwu dan sharaf), matematika (ilmu hisab) hingga astronomi (ilmu falak). Selain itu, pengetahuan mengenai pertanian, peternakan, otomotif, literasi hingga public speakingjuga bisa didapatkan di Ponpes. Komplit!

Banyak santri jebolan Ponpes yang dapat bersaing di dunia kerja maupun profesional. Selain keuletan yang bersangkutan, faktor doa dari para guru di pesantren juga tidak patut untuk dinafikan. Keberkahan yang oleh para santri dicari melalui gurunya, menjadikannya orang yang sukses ketika sudah keluar dari dunia pesantren.

Metode pembelajaran di Ponpes juga menunjang para santri untuk memahami pelajaran yang didapat. Ya, metode pengajaran di masing-masing pesantren pastilah berbeda. Masih ingat dengan mantra Man jadda wajada yang oleh A. Fuadi dituliskan menjadi sebuah buku? Di buku yang juga difilmkan itu mengisahkan metode cara menghafal mufradat (kata dalam bahasa Arab) dan motivasi para guru yang dapat membangkitkan kepercayaan diri para santri. Di buku tersebut juga menggambarkan kisah kehidupan di lingkungan pesantren dari pagi sampai malam.

Ilustrasi para santri. Sumber: kompasiana

Banyak santri yang masih belia dipondokkan orang tuanya. Banyak yang bersedih karena tidak diperbolehkan pulang dalam waktu tertentu. Bagaimana seorang santri dididik agar dapat survive ketika jauh dari orang tuanya? Padahal sejak bayi hingga sekolah selalu tinggal bersama orang tua. Pesantren mengajarkan semuanya sehingga tidak menjadikan para santri generasi cengeng.

Para santri menyebut Pondok Pesantren adalah sebagai Penjara Suci. Mengapa penjara? Karena banyak sekali aturan di Ponpes yang mengikat para santri untuk tidak melanggarnya. Sangat tertutup dan tidak bebas. Namun, percayalah, Anda akan mengambil banyak sekali hikmah dan pelajaran dibalik itu semua.

Dunia pesantren sangatlah majemuk. Berbagai macam tipe orang berbaur dan menyatu mengikuti komando Sang Kiai untuk mendapatkan berkah dan ilmunya membekas (atsar). Kesadaran pribadi dan keteladanan para guru menjadikan para santri tetap takdzim.

Jika masih bingung dengan beberapa istilah diatas, silakan cek kamusnya di link berikut.

Ayo Mondok! Menjadi santri itu keren.

Add Comment

Click here to post a comment

Quote

Jadilah seperti matahari bagi memberi dan mengasihi
Jadilah seperti malam untuk menutupi kesalahan orang lain
Jadilah seperti alir air untuk kemurahan hati
Jadilah seperti maut untuk kesumat dan amarah
Jadilah seperti bumi untuk kerendahan hati
Muncullah sebagaimana kamu
Jadilah sebagaimana kamu muncul

– Maulana Jalaluddin Rumi –